Analisis Usaha Kecil Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.37087/jtb.v1i1.1Keywords:
UMKM, Era DigitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UMKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Tetapi UMKM yang ada di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah promosi, pemasaran dan penjualan penjaualan produk yang dihasilkan. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka ia juga telah dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan produk-produk melalui transaksi digital di dunia maya. Penjualan dan pemasaran produk melalui dunia maya mempunyai banyak keuntungan, yaitu cakupan yang luas, tidak mengenal ruang dan waktu, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu mengembangkan usaha di era digital memerlukan sentuhan yang berbeda diantuntuk membantu mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia.
References
Apridar.2009.Ekonomi Internasional:SejarahTeori, Konsep, Permasalahan Dalam Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Aziz, F. A., Solikha, A. F., & Ashari, I. (2017). Pengaruh Wanita Dalam Ketahanan Ekonomi Keluarga. Jurnal Penelitian Agama.
Aziz, Fathul Aminudin.2017.Manajemen dalam Perspektif Islam. Pustaka El-Bayan.
Daft,Richard.2007.Management.Jakarta : Salemba Empat
Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX
Hermawan , Agus.2012.Komunikasi Pemasaran.Jakarta:Erlangga
Hisrich, Peters. 1995 Entrepreunership. New York, USA : Mc Graw Hill inc.
Huat, T Chwee, dkk. 1990. Management of business, 5th ed. --5th.ed. Singapore: McGraw-Hill Book Co.
Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008.
Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM.
Matsushita, Kazuo.2016.Environtment in the 21st Century and New Development Patterns, Vol 2,Springer – Institute for Global Environmental Strategies,Japan.
Morissan.2010.Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.
N. Gregory Mankiw, Makro Ekonomi. Terjemahan: Fitria Liza, Imam Nurmawan, (Jakarta: Penerbit Erlangga. 2003),150.
Nofie Iman, Mengenal E-Commerce, (www.hasan-uad.com/menegenal-ecommerce.pdf) Hal.5 diakses tanggal 4 Desember 2019 pukul 09.35 WIB
Partomo, Tiktik Sartika &Abd. Rachman Soejoedono.2004.Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sartika, Tiktik & Rachman, Soejoedono. 2002. Ekonomi Skala Kecil Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sripo. 2010. 38.044 UKM Serap 163.830 Tenaga Kerja. Harian Umum Sriwijaya Post Tanggal 15 April 2010
Stoner, James dan Edward Freeman (eds), Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo, 1996.
Suherman, Eman.2011.Praktik Bisnis Berbasis Enterpreneurship. Penerbit : ALFABETA,Cetakan Kesatu.
Supardi, Julian. 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2
Tambunan, Tulus.2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting.Jakarta: LP3ES.
Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
W, Griffin, Ricky.dan Ronald J. Ebert. 1996. Binis (Business), Forth Edition, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid l, Pengkaji Materi Wgiono Ismangil, Jakarta : Prenhalindo.
Werner Hopf.2016. The Importance of Information Management and The Critical Role of Data Archiving.United States of America.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Fathul Aminudin Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.