DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI STMIK KOMPUTAMA MAJENANG
DOI:
https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21Kata Kunci:
impact, COVID-19, online learningAbstrak
COVID-19 merupakan sebuah virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Indonesia mulai terjangkit sejak awal bulan Maret 2020. Dampak dari penyebaran COVID-19 menyebabkan kerugian banyak negara terutama dalam bidang perekonomian. Dalam bidang pendidikan, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas digantikan secara online akibat dari penyebaran COVID-19 mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan kegiatan pembelajaran online di STMIK Komputama Majenang selama pandemi COVID-19 yang dilaksanakan di rumah secara online. Objek terdiri dari 5 mahasiswa STMIK Komputama Majenang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait dengan pembelajaran online di STMIK Komputama Majenang selama pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan pembelajaran online di STMIK Komputama Majenang sudah efektif dan berjalan dengan baik. Beberapa aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran online yaitu Web E-learning, WhatsApp, Telegram, Edmodo, YouTube, Zoom, dan Google Classroom. Kendala yang dialami selama pembelajaran online yaitu masalah koneksi internet yang buruk, kuota yang terbatas, kesulitan dalam belajar, dan adanya gangguan orang lain ketika pembelajaran berlangsung.
Referensi
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).
Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.
Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. 1–206. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 3, 1–116.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Nadeem, S. (2020). Coronavirus COVID-19: Available free literature provided by various companies, journals and organizations around the world. Journal of Ongoing Chemical Research, 5(1), 7-13.
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Panduan Praktik Klinis: Pneumonia 2019-nCoV. PDPI: Jakarta
Rizka Rahmawati. (2016). Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Kota Bandung. http://repository.upi.edu/21981/6/S_GEO_1102854_Chapter3.pdf
Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Pythagoras (Vol. 2, Issue 1, 10–23). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.
Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187-192.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Willy Setiawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.