EFEKTIVITAS UJIAN AKHIR SEMESTER SECARA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM PADA SMP MA'ARIF NU CIMANGGU

Penulis

  • Diky Setiawan Stmik Komputama Majenang
  • Mochammad Hasymi Somaida STMIK Komputama Majenang

DOI:

https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.33

Kata Kunci:

Keywords: Covid-19,Dampak,Efektivitas

Abstrak

Virus Corona yaitu virus yang berasal dari Negara China, dan menyebar dengan cepat ke seluruh
dunia.serta mulai mewabah ke Indonesia pada awal bulan maret 2020. Dampak Covid-19 menyebabkan
kerugian di semua bidang, baik ekonomi, pendidikan, dll. Di bidang pendidikan,kegiatan baik
pembelajaran dan ujian harus di ganti secara Online akibat dampak dari penyebaran Covid-19. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan UAS yang di lakukan secara Online menggunakan
media Aplikasi Google Form di SMP MA’ARIF NU CIMANGGU. Penelitian ini menggunakan metode
survei Kuantitatif yang menggambarkan Kegiatan pelaksanaan UAS secara online di SMP MA’ARIF
NU CIMANGGU di masa pandemi.Objek terdiri dari 35 Responden siswa. Pengumpulan sampel data di
lakukan menggunakan angket/kuisioner yang berisi pertanyaan terkait pelaksanaan UAS secara online
menggunakan Aplikasi Google Form di SMP MA’ARIF NU CIMANGGU. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini, Pelaksanaan UAS secara online berjalan dengan efektif dan baik, dapat di liat dari hasil
nilai siswa yang memuaskan. Aplikasi yang di gunakan yaitu tentu Googke Form sebagai media utama,
dan Whatsapp sebagai media untuk interaksi antara guru dan siswa. Kendala yang di alami yaitu
mengenai koneksi buruk, kuota yang terbatas, jadwal yang sering berubah, serta kesulitan dalam
memahami soal mata pelajaran.

Referensi

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat

Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease

(COVID-19). 3, 1–116.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah

Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan

Sejarah, 14(1).

Isbaniah, F. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).

Morrisan, M. A. (2012). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Santoso, P. B. (2019, October). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PENILAIAN GOOGLE

FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TIK. In Prosiding Seminar Nasional PEP

(Vol. 1, No. 1).

Abdurrahman, M., Siswayani, P., & Nurwanti, D. I. Merancang tes daring berbasis Google form

untuk meningkatkan kefektifan evaluasi pembelajaran. Digilib UIN Sunan Gunung Djati

Bandung.

Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan

Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201-209.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan,

dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian

Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Diterbitkan

2020-12-20

Cara Mengutip

Setiawan, D. ., & Hasymi Somaida, M. (2020). EFEKTIVITAS UJIAN AKHIR SEMESTER SECARA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM PADA SMP MA’ARIF NU CIMANGGU . Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.33

Terbitan

Bagian

Articles