Sistem Point Of Sales “EMYE POS” PADA TOKO PUTRA WRINGIN CILACAP

Penulis

  • Dede Yusuf STMIK Komputama Majenang
  • Muhtyas Yugi

DOI:

https://doi.org/10.37087/jtb.v4i1.83

Kata Kunci:

Point of sales, Website, waterfall

Abstrak

Proses penjualan di toko Putra Wringin masih dilakukan dengan cara tradisional melalui pencatatan manual. Pencatatan dengan sistem manual kurang efisien karena membutuhkan jumlah buku yang banyak dan pesanan harus masuk ke dalam buku secara manual. Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan dalam memasukkan/mencatat data penjualan. Pelaporan memakan waktu lama karena harus mencari dan mengumpulkan data yang dibutuhkan dari pencatatan di buku. Pada penelitian ini diusulkan untuk mengembangkan aplikasi POS (Point of Sale) untuk mengatasi permasalahan yang ada dan agar kegiatan kerja bengkel dapat berjalan dengan lancar. Metode yang digunakan dalam sistem POS ini adalah metode waterfall. Metode Waterfall merupakan metode pengembangan perangkat lunak secara berurutan (seperti waterfall) yang melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, perancangan, implementasi dan pengujian. Hasil pengembangan aplikasi menunjukkan bahwa sistem point-of-sale (POS) dapat memudahkan Toko Putra Wringin dalam pencatatan, penghitungan, pendokumentasian dan informasi penjualan untuk pengelolaan dan pelaporan penjualan agregat.


Kata Kunci: Tempat Penjualan; Situs web; Air terjun

 

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Yusuf, D., & Muhtyas Yugi. (2022). Sistem Point Of Sales “EMYE POS” PADA TOKO PUTRA WRINGIN CILACAP. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.37087/jtb.v4i1.83

Terbitan

Bagian

Articles